Wanita ialah makhluk yang identik dengan seindahan,
perempuan selalu hendak tampil cantik dalam sekian banyak keadaan dan selalu hendak menjadi pusat
perhatian untuk sekelilingnya. Hal berikut yang menjadi dalil mengapa perempuan
senang mempercantik diri dengan menggunakan sekian banyak macam kosmetik yang digunakan.
Kondisi ini dimanfaatkan betul oleh produsen
kosmetik. Jumlah warga sekitar 250 juta jiwa, menjadikan Indonesia pasar yang
menjanjikan untuk perusahaan kosmetik. Kendati beberapa besar industri kosmetik
mengincar target konsumen utama kaum wanita, belakangan mulai berinovasi dengan
produk-produk guna pria.

Saat ini pertumbuhan industri kosmetik Indonesia
termasuk solid. Hal ini tampak dari penambahan penjualan kosmetik pada 2012 14%
menjadi Rp 9,76 triliun dari sebelumnya Rp 8,5 triliun, menurut data
Kementerian Perindustrian.
Produk keelokan dan perawatan tubuh global pada
2012 menjangkau US$ 348 miliar, tumbuh tipis US$ 12 miliar dibanding tahun
sebelumnya menurut data Euro Monitor. Meskipun 2012 perekonomian dunia masih
diwarnai krisis finansial seperti yang terjadi di area Eropa, maupun
perlambatan ekonomi China, produk-produk keelokan bermerek terbukti masih bisa
bertumbuh dengan solid. Produk keelokan bermerek ditebak tumbuh 6% tahun ini,
lebih tinggi dari perkembangan produk kosmetik umum sebesar 4%.
Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia (Perkosmi)
memperkirakan tahun ini penjualan kosmetik bisa tumbuh sampai Rp 11,22 triliun,
naik 15% dibanding proyeksi 2012 sebesar Rp 9,76 triliun. Dari sisi ekspor,
industri kosmetik ditaksir tumbuh 20% menjadi US$ 406 juta.
0 Comments